.

ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan,tetapi awal menuju perubahan yang lebih baik

Rabu, 13 Juli 2011

BAB 3


BAB III                                       
IDENTIFIKASI MASALAH


3.1              Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti
3.1.1         Sejarah singkat
SEAMOLEC adalah sebuah center dari 15  center  SEAMEO yang khusus bergerak di bidang pendidikan. SEAMOLEC berdiri pada tanggal 27 Februari 1997 dan diresmikan oleh organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara. Saat itu, yang menjadi Menteri Pendidikan Indonesia adalah Bapak Wardiman Joyo Hadikusumo dan Bapak Arief S. Sadiman menjadi direktur pertama SEAMOLEC.
SEAMOLEC merupakan organisasi menteri-menteri pendidikan Asia Tenggara untuk Pendidikan Terbuka Jarak Jauh/ PTJJ. SEAMOLEC memiliki 4 program utama yaitu penelitian dan pengembangan, pelatihan, layanan konsultasi, informasi. Yang kesemua program tersebut berbasis pada PTJJ untuk national maupun international. Dan saat ini SEAMOLEC berkembang di seluruh wilayah Asia Tenggara dan telah bergabung dengan beberapa sekolah di Indonesia, untuk menerapkan program-program yang ada.
Berkat kerja keras seluruh staff SEAMOLEC yang berpengalaman dan juga sistem manajemen modern ( berbasis ICT ).berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Salah satu diantaranya pernah mendapatkan ISO 9001 : 2008 pada tahun 2009.
JENI – Java Education Network Indonesia merupakan sebuah program pendidikan yang di prakarsai oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan tujuan untuk menyediakan layanan integratif bagi mahasiswa di Indonesia untuk mempelajari, berbagi dan mengembangkan solusi berbasis JAVA.Program JENI mengimplementasikan JENI sebagai referensi pelaksanaan kurikulum dengan tambahan berbagai trend perkembangan teknologi JAVA.

3.1.2        Struktur Organisasi SEAMOLEC














Gambar 3.1 Struktur organisasi SEAMOLEC

3.1.3         Wewenang dan Tanggung Jawab
Dalam menjalankan sebuah organisasi apalagi seperti SEAMOLEC ini bukanlah pekerjaan mudah, selain butuh orang-orang yang handal dibidangnya, organisasi ini juga harus menjadi sarana edukasi yang tepat untuk mendorong tumbuhnya organisasi pendidikan kearah yang lebih baik. Oleh karena itu dibutuhkan pilar-pilar yang kokoh dalam membangun media ini yaitu :
a.   Direktur
      Bertugas dan bertanggungjawab dalam perencanaan, n dan pelaksanaan program-program untuk mencapai visi dan misi SEAMOLEC seperti yang telah digariskan oleh Governing Board.
b.    Deputi Direktur
        Adalah wakil dari Direktur yang bertugas membantu Direktur dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan bidang masing-masing yaitu Deputi Direktur Program dan Deputi Direktur Administrasi. Yang secara langsung mengawasi kinerja yang membawahinya untuk dipertanggungjawabkan kepada Direktur. Serta memberikan arahan atau revisi jika diperlukan.
c.     Kepala Divisi ( Manager )
        Membantu Deputi Direktur dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing mengacu pada dokumen-dokumen pendukung yang berlaku, antara lain :

·         Training Manager
Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang training, melakukan kegiatan perencanaan, pengembangan, penilaian program dan hasil training serta pelaporan, menyiapkan  MoU dan MoA, menyiapkan sertifikat,  melakukan kerjasama dengan divisi PR/Marketing, dan lain-lain.
·         R&D Manager
Mengusahakan adanya kegiatan, Aktif melaksanakan program R&D, aktif mempublikasikan hasil R&D, bekerjasama dengan PR/Marketing dan divisi training.
·         ICT – Network Manager
Melakukan maintenance dan monitoring email centre, memfasilitasi ketersediaan jaringan dan akses open distance learning, meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja, aktif  memasarkan program-program centre khususnya ICT.
·         E-Content Manager
Membuat standarisasi konten yang layak, melakukan pengembangan website, mengusahakan kegiatan dalam bentuk in come generating activities.
·         Administrationfinance Manager
Membuat dan menyiapkan usulan anggaran, mempersiapkan akuntabilitas kinerja instansi, mengajukan usulan anggaran dan program administrasi, menganalisis data di bidang administrasi, danlain-lain.
·         PR/Marketing Manager
Mempromosikan dan memasarkan setiap kegiatan program, mengembangkan bahan-bahan promosi, mengelola dan mengarsipkan semua data centre di bidang publikasi.

3.2  Product Information
·         Pembuatan Game berbasis pendidikan menggunakan program RPG Maker ini merupakan sebuah hasil karya yang diproduksi oleh kalangan sendiri. Segmentasi dari pembuatan game ini diperuntukan untuk anak-anak khususnya ditingkat sekolah dasar. Memanfaatkan perangkat lunak RPG MAKER sebagai game engine untuk membuat game berbasis pendidikan ini. Oleh sebab itu, penulis merasa tertantang untuk membuat sebuah inovasi ataupun alternative lain dalam pembuatan laporan Tugas Akhir yakni merealisasikan sebuah game yang berbasis pada pendidikan.
·         Adapun hal yang melatari belakang penulis untuk menciptakan sebuah game yang berbasis pada pendidikan ini adalah ingin menciptakan sebuah game yang tidak hanya menghibur semata melainkan dapat mendidik serta dapat memberikan pesan yang positif melalui game tersebut.
·         Dilihat dari perkembangan pembuatan game berbasis pendidikan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat. Ketika proses perancangan game ini di perlihatkan banyak yang memberikan saran ataupun kritik yang sifatnya membangun. Hal tersebut memberikan semangat kepada penulis untuk lebih baik serta lebih semangat untuk menyelesaikan pembuatan game berbasis pendidikan tersebut.

3.3.   Market Analisis
      a.Market Positioning
            SEAMOLEC adalah sebuah organisasi tentang pendidikan terbuka jarak jauh yang mempunyai program-program tertentu yang berbasis pada PTJJ baik secara nasional maupun internasional dan telah melakukan kunjungan seminar dan presentasi ke berbagai negara di Asia Tenggara. Dengan calon pengguna/ audience -nya untuk semua kalangan atau dari kalangan remaja sampai dengan kalangan dewasa.
b.Kondisi Pesaing
            Beberapa pesaing yang ada pada pasar dengan sistem pendidikan yang sama sejauh ini belum ada yang mampu menyaingi SEAMOLEC secara pesat, karena SEAMOLEC berbasis pada Asia Tenggara. Oleh karena itu keunggulan SEAMOLEC dari para pesaingnya membuat posisi dari SEAMOLEC ini berada di urutan teratas untuk kategori program-program dan media teknologi. Apalagi dengan sering diadakannya seminar dan pameran oleh SEAMOLEC tentang program-program seperti JENI ( Java Education Network Indonesia ), SEA EDUNET, dan program-program training lainnya di Indonesia yang banyak menarik minat pengunjung untuk membudayakan sistem belajar jarak jauh.
            Namun baru-baru ini ada suatu lembaga kursus yang menawarkan sistem pendidikan jarak jauh seperti di SEAMOLEC melalui forum internet, yaitu Brainetic atau kita juga bisa membuka situsnya di internet dengan nama ilmu komputer.com. Akan tetapi dalam setiap program – program kerja dan teknologi yang diterapkan dalam forum tersebut masih dibawah dari SEAMOLEC, dan jangkauannya pun bukan untuk wilayah Asia Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar