.

ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan,tetapi awal menuju perubahan yang lebih baik

Rabu, 13 Juli 2011

BAB 1


BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu pendidikan adalah sebuah kebutuhan pokok setiap individu. Dengan pendidikan seseorang dapat meraih cita-cita serta masa depannya.
Sejarah merupakan salah satu ilmu pendidikan yang penting unuk dipelajari atau diketahui oleh khalayak banyak bahkan anak-anak usia dini. Dengan mempelajari sejarah seseorang dapat mengetahui kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dimasa lampau. Sehingga seseorang dapat menghargai serta menghormati para pelaku sejarah didalamnya. Kenapa,karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya.
Dewasa seperti saat ini media pembelajaran semakin inovatif dan menarik. Media belajar tidak hanya selalu melalui sebuah buku ataupun modul pembelajaran. Salah satu media yang populer di gunakan pada saat ini adalah media komputerisasi. Dengan menggunakan media tersebut kita dapat membuat sebuah program aplikasi yang dapat di aplikasiakan ke dunia pendidikan.
Salah satu program aplikasi yang dapat di buat melalui media komputer adalah sebuah game atau yang lebih di kenal dengan sebutan Edugame. Dengan aplikasi tersebut kita dapat membuat game yang berbasis pada pendidikan. Sebuah Game yang di buat harus memiliki nilai estetis agar game tersebut tidak hanya dapat menghibur tetapi juga dapat mendidik. 
Atas Pertimbangan diatas, penulis ingin mengangkat masalah pembuatan Game berbasis pendidikan yang di peruntukan untuk anak-anak sekolah dasar, dengan harapan anak-anak akan mencintai sejarah serta semakin berkembangnya dunia game di indonesia. Sekaligus sebagai bahan tugas akhir dengan judul :

“PERANCANGAN GAME BERBASIS PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PROGRAM RPG MAKER PADA LEMBAGA PENDIDIKAN SEAMOLEC”

1.1              Rumusan Masalah
Game adalah sebuah media yang dapat menghibur sekaligus mendidik. Dengan media tersebut kita dapat menyampaikan pesan kepada pemainnya. Mengacu pada latar belakang diatas, maka beberapa permasalahan yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut :
·         Bagaimana game itu dirancang agar dapat merangsang minat  anak-anak untuk  mencintai sejarah melalui game pendidikan tersebut ?  
·         Bagaimana merancang atau mendesain game  yang dapat memberikan pesan-pesan positif dan mendidik sekaligus menghibur ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar